Saturday, August 30, 2014

Kemerdekaan yang Ditebus oleh Darah dan Nyawa

1 Petrus 1:18-19
Oleh : Pdt.Arny Masrutti
Minggu, 17 Agustus 2014


18. Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 19.melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Di Dunia ini banyak orang berusaha keras supaya harta benda yang dimiliki bisa sampai 7 turunan. Kadang orang merasa bangga bisa memiliki segalanya dan tidak pernah terpikirkan bahwa itu hanya bersifat fana dan sementara saja.
Jika kita belajar dari bahasa jawa ternyata indah sekali
1. “Nyawa kui gaduan” : artinya kita tidak punya hak untuk memiliki sepenuhnya dan selamanya.
2. “Banda kui mung titipan” : artinya kita harus sadar seseorang yag menitipkan sesuatu kepada kita sekali waktu akan diambil kembali.
3. “lan nyawa kui mung sampiran” :  artinya hanya sebentar saja.
Jadi kalau hari ini kita bisa menikmati semuanya, itu  bukan hasil kerja keras dan adanya upaya kita semata, tapi karena atas kepercayaan yang Tuhan berikan kepada kita. “karena kelak Tuhan akan mengambil semua itu”
Tapi tubuh dan darah Kristus menjadi suatu didikan bagi kita. Roma 6:18-19 : (18. Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran. 19. Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.) Dulu kita seenaknya berbuat dosa dan menyerahkan anggota-anggota tubuh kita kepada kecemaran dan kedurhakaan, dan hidup dalam dosa yang memimpin kita dalam kematian.
Dan sekarang kita telah ditebus dari cara hidup yang sia-sia, maka kita akan menyerahkan tubuh kita untuk kebenaran. Maleakhi 3:10 (Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.)
1 Petrus 2:16 (Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.) Setelah kita dimerdekakan daripada dosa, makakita harus hidup dalam kebenaran, melakukan apa yang Allah perintahkan, dan melayani dengan kasih.
Galatia 5:13 (Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.) Mari jangan salahgunakan kemerdekaan yang tela Tuhan berikan, dan jangan lagi hidup berkutat dengan dosa, karena semua terbuka, dan tidak ada yang tersembunyi di hadapan Allah, atas segala perbuatan kita yang baik maupun yang jahat.
Hari ini kita punya kesempatan yang sama untuk hidup merdeka, menjadi hamba Allah, serta melayani dengan kasih, maka kita akan menjadi pribadi yang mampu menggenapi rencana Tuhan di bumi ini, dan kerjakanlah sampai kita menembus batas  waktu yang Tuhan tentukan bagi kita. Amin

Mematikan keinginan daging adalah perjuangan, tapi jika terlatih, maka kita akan menjadi hamba yang berkenan”


0 komentar:

Post a Comment