Saturday, July 25, 2015

Yesus Menjanjikan penghibur yaitu Roh Kudus

Yohanes 14 : 16 – 26
Oleh : Ibu Pdt.Arny Masrutti
Minggu, 17 Mei 2015

“16. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17. yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 18. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. 19. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. 20. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. 21. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 22. Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" 23. Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. 24. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. 25. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 26. tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”
Ketidakhadiran kita di gereja yang disebabkan oleh faktor-faktor fisik akan menjadi tidak berarti, tetapi jika ada roh kudus yang bertahta dalam hidup kita maka kita akan menjadi peka terhadap suara Tuhan.
Yesus menyebut roh kudus sebagai “penolong”, kata ini adalah terjemahan dari bahasa Yunani “parakletos” yang berarti seseorang yang di panggil untuk mendampingi agar menolong. Kata penolong juga kaya artinya : penasehat, penguat, penghibur, pembela, juru selamat, sekutu, dan sahabat.
Yehezkiel 36 : 27 “Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.”
Jika roh kudus tidak lagi berdiam dalam kita, tidak mungkin seseorang menjalankan hidup dengan benar dan mengikuti jalan-jalan Allah. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk tetap  terbuka kepada suara dan bimbingan roh kudus.
1 Korintus 3 : 6 “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”
Pertanyaan yang harus dijawab dan harus tahu bahwa roh kudus tidak akan pernah duduk di tempat buatan manusia, tetapi duduk di hati manusia. Bahkan yang ditekankan disini adalah seluruh jemaat/orang percaya sebagai bait Allah dan tempat kediaman roh kudus.
2 Korintus 3 : 6 “Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.”
Sebenarnya bukanlah hukum/firman Allah yang tertulis itu sendiri yang membinasakan, melainkan tuntutan hukum tanpa hidup dan kuasa roh kudus itulah yang membawa kematian.

Kalau roh kudus berkarya dalam hidup kita maka tidak ada yang sukar dan tidak ada alasan untuk tidak dapat melakukan apa-apa. Setiap pribadi layak dipersiapkan untuk menjadi pelayan Tuhan dan syarat yang pentung mutlak dan paling dibutuhkan seseorang dalam melayani adalah “roh kudus”.Amin

0 komentar:

Post a Comment