Thursday, March 19, 2015

Gaya Hidup Orang Kristen

1 Petrus 4 : 7-11
Oleh : Ibu.Pdt.Arny Masrutti
Minggu, 15 Maret 2015

“7. Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.8. Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.9. Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut.10. Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.11. Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.”
Orang Kristen harus memiliki gaya hidup yang memancarkan kemuliaan, karena mengingat kesudahan segala sesuatu sudah dekat maka kita harus memandang kehidupan kita dari sudut kedatangan Kristus dan akhir dunia yang sudah dekat.
ü  Ayat 7
Saat kita berdoa bukan merupakan rutinitas/kebiaasaan, tetapi mengucapkan sesuatu yang penting kepada Tuhan.
Wahyu 3 : 11 “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.”
“kata Aku datang segera” ini menunjukan bahwa kedatangan Tuhan untuk mengangkat jemaatnya dari bumi ini akan menjadi cara untuk membebaskan jemaat termasuk kita, dan waktu yang ditentukan Tuhan berbeda dengan kita.
ü  Ayat 8
Kalau kita mengasihi, pasti tidak akan sengaja menyakiti orang yang kita kasihi.
1 Korintus 16 : 14 “Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!”
Kita harus melakukan sesuatu berdasar kasih sebab kalu dengan bersungut-sungut berarti kita sedang tidak mengasihi diri kita sendiri.
ü  Ayat 9
Tentang memberi tumpangan adalah merupakan perhatian kepada orang-orang yang membutuhkan.
Efesus 4 : 32 “Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”
Alkitab mencatat tentang pengampunan, sikap mengampuni memang berat tapi ini merupakan suatu tuntutan yang mau tidak mau harus kita laksanakan bagi setiap orang percaya.
ü  Ayat 10
Melayani dengan baik.
Galatia 5 : 13 “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”
Kita memang telah dipanggil untuk merdeka, tetapi kita jangan salah pergunakan kemerdekaan untuk hidup seenaknya, tetapi melayani seorang akan yang lain dengan kasih.
ü  Ayat 11
Sampaikanlah perkataan yang menguatkan bukan yang menyakiti dan mematahkan semangat, tetapi yang membangkitkan semangat dan memotivasi orang-orang yang membutuhkan dukungan kita.
Kita harus memiliki gaya hidup seperti Petrus, bahwa kenyataan itu menuntut “ komitmen” yang benar-benar harus ditindak lanjuti yaitu berdoa kepada Tuhan dengan giat setiap hari, saling mengasihi dengan sungguh-sungguh, memberi tumpangan, bersikap ramah terhadap orang lain, melayani sesama dengan kasih, dan melayani Tuhan sampai akhir hidup kita.Amin

“Pemberitaan yang baik harus dibarengi dengan sikap hidup yang baik pula, sehingga akan memberkati orang lain.”

0 komentar:

Post a Comment