Monday, June 2, 2014

Yesus bangkit supaya hidup kita diubahkan

Kisah Para Rasul 9 : 1-19
Minggu, 25 Mei 2014
Oleh : Pdt.Arny Masrutti

Ayat ini mengisahkan tentang pertobatan Saulus, dia adalah anggota san hedrin atau pejabat negara yang tentunya punya intelektual yang tinggi, tetapi bagaimana karakter Saulus sebelum diubahkan oleh Tuhan? 
  •  Dia mengancam untuk membunuh orang-orang damsyik.

Ayat 16 : “Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."
kita tahu hukum tabur tuai yang sampai hari ini masih berlaku. Tuhan bisa saja membalikkan keadaan setiap waktu, sebaliknya Saulus pada akhirnya juga menderita.
  •   Saulus menangkap anak-anak Tuhan.

Ayat 8 : “Saulus bangun dan berdiri, lalu membuka matanya, tetapi ia tidak dapat melihat apa-apa; mereka harus menuntun dia masuk ke Damsyik.”
Justru dia yang ditangkap, saat itu Saulus dalam keadaan tidak berdaya, karena tidak bisa berjalan.
  • Saulus ada di dalam kebutaan.

Ayat 3: ” Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.”
Setelah melewati semua proses itu Saulus mendapat kekuatan dari Tuhan.
Mungkin kita juga sudah melewati serangkaian peristiwa dalam hidup kita, tetapi semua itu tidak pernah lepas dari pengawasanTuhan.
Paulus diawal begitu jahat/begitu arogan tetapi Tuhan dapat mengubahnya sedemikian rupa, Saulus dipulihkan dan diurapi Tuhan sehingga menjadi “alatnya Tuhan” sebagai pemberita Injil Tuhan di berbagai tempat dan terus bergerak untuk melaksanakan tugasnya yang mulia itu.
Ayub 4 : 8 : “Yang telah kulihat ialah bahwa orang yang membajak kejahatan dan menabur kesusahan, ia menuainya juga.”
Kita juga akan berusaha sebisa mungkin untuk melaksanakan Amanat Agung Tuhan sesuai visi/misi dari Tuhan untuk kita.
Kita akan membajak kebenaran/kebaikan, jangan menabur kejahatan, karena kita akan menuainya juga.
Hosea 4 : 7 : “Makin bertambah banyak mereka, makin berdosa mereka kepada-Ku, kemuliaan mereka akan Kutukar dengan kehinaan.”
Angin puting beliung memang tidak sebesar tornado, tapi punya kekuatan yang luar biasa.
2 Korintus 3 : 17-18 : “17. Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.18. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”
Tuhan adalah roh, apabila roh ada dalam hidup kita disitu ada kemerdekaan. Kemerdekaan yang datang melalui Kristus pertama-tama dan terutama merupakan tembusan dari hukuman dan perbudakan dosa.
Zefanya 3 : 17 : “TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,”
Sukacita didalam hati seseorang bukan tanggapan alami, tetapi sebagai akibat dari tindakan penebusan Allah di dalam hidup kita. Mari kita jangan mau lagi diduduki/diperbudak olehnya, karena Tuhan kita akan memberi persekutuan kasih karunia dan pertolongan sepanjang masa.AMIN
Tuhan memberkati...


“Apa yang anda lakukan membawa perubahan; dan anda harus memutuskan, perubahan apa yang ingin anda buat.”

0 komentar:

Post a Comment