Friday, October 31, 2014

Bersukacitalah

Filipi 4:4
Oleh : Ibu Pdt.Arni Masrutti
Minggu,26 Oktober 2014

“Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!”
Ada dua kata yang di ulang-ulang, ini menandakan bahwa perkataan itu sangat penting. Orang percaya harus bersukacita dan memperoleh kekuatan dengan mengingat akan kasih karunia dan dekatnya Tuhan serta janji-janjinya pada kita, kita memang pantas menjadi orang yang bersukacita.
Mazmur 105 : 1-6 “1. Bersyukurlah kepada TUHAN, serukanlah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa! 2. Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! 3. Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN! 4. Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! 5. Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya, 6. hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya!”
Bagaimana caranya agar kita tetap bersukacita ?
1.       Bersyukur
Mazmur 136 : 1 “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.”
Dalam Mazmur juga ada kalimat yang diulang-ulang, ini mengajarkan kita bahwa kasih Allah adalah dasar dari semua tindakannya, kasihnya, kemurahannya, kesetiaannya,dan kebaikannya.
2.       Bernyanyi bagiNya
Ibrani 13:15 “Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.”
Hal ini menegaskan bahwa disaat dalam kesesakan, pencobaan, atau kesulitan yang kita alami, kita harus mempercakapkan perbuatanNya yang ajaib, serta mempersembahkan nyanyian syukur yang memuliakan Allah.
3.       Bermegah di dalam namaNya
Zakaria 10 : 12 ”Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya.”
Alkitab mencatat bahwa Allah berjanji untuk menghapus tantangan terhadap pemulihan Israel, maka Allah juga akan memulihkan dan menguatkan  kita untuk dapat bermegah di dalam Tuhan, walau hidup dalam himpitan sekalipun.
4.       Cari kekuatanNya dan wajahNya
Ratapan 3 : 25 “TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.”
Dalam segala kondisi kita harus datang pada Tuhan tegakkan kepala, artinya tidak ada pada pihak yang kalah.
5.       Ingat perbuatan-perbuatanNya yang ajaib
Yosua 1 : 8 “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”
“Merenungkan” berarti membaca dalam hati, dan bicara kepada diri sendiri sementara berfikir, dan siap menerapkan kepada seluruh kehidupan kita.
“Berhasil dan beruntung” orang yang mengetahui dan menaati firman dan hukum-hukumNya akan berhasil dan beruntung karena mereka memiliki hikmat untuk hidup benar dan mencapai tujuan Allah bagi hidup mereka.
Jadilah pribadi yang kuat, berani, tekun, dan menjadikan firman Allah sebagai penuntun utama, serta memutuskan untuk selalu mencari kehadiran dengan sungguh-sungguh seumur hidup kita.Amin


“Pengenalan kita akan Tuhan membawa kesediaan berkata “YA” dan kepada ketaatan akan suara Tuhan.”

0 komentar:

Post a Comment