Wednesday, March 5, 2014

Mengarahkan Pandangan

2 Tawarikh 15:1-7
Oleh : Pdt.VICTORIA ARNY MASRUTTI
Minggu, 23 Februari 2014

Bangsa Israel pada zaman Asa pernah mengalami kehidupan yang sangat-sangat menderita, tanpa Allah yang benar dan hidup tanpa hukum. Mereka hidup kacau balau dalam segala hal. Tuhan berfirman kepada Asa dan ada beberapa hal yang Tuhan mau yaitu supaya setiap firman tertanam dalam hati mereka, supaya memperluas visi dan Tuhan akan mengangkat mereka.
Perubahan dalam hidup kita pun akan terjadi apabila kita taat pada setiap perintah Tuhan.
Apa yang harus kita lakukan agar kita bisa keluar dari keterpurukan?



1) Memusatkan/mengarahkan pandangan kepada Yesus yang rela berkorban. (Ibrani 12 : 2)
Kita mengarahkan iman bukan kepada hal-hal dunia, tetapi kepada Yesus. Walaupun dalam perjalanan hidup harus memikul salib, tetapi kita harus tetap tekun, karena bagi yang tekun memikul salib Tuhan akan memberi kekuatan, sukacita, dan iman yang dewasa. Sehingga akan mampu menghadapi semua tantangan.

2 ) Renungkan janji firman Tuhan.(Matius 14 :27) 
Firman Tuhan bukan hanya untuk dibaca, tetapi harus direnungkan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.Dalam Matius 14:27, Tuhan Yesus mengatakan supaya muridi-murid tenang, Petrus pun mendengarkan dan merespon firman Tuhan dan Petrus bisa berjalan diatas air.Kitapun akan bisa melakukan sesuatu yang luar biasa apabila kita taat kepada firman Tuhan.

3 ) Jalani hidup dengan senang hati.(Yesaya 35:4) 
Kita memiliki Allah yang luar biasa, yang selalu memperhatikan hidup kita. Hendaknya kita menjalani hidup ini dengan sukacita. Pada waktu kita dalam kesesakan, Dia akan menguatkan, Dia akan datang dengan membawa pertolongan dan menyelamatkan kita. Oleh sebab itu kita akan tetap bersukacita dalam hidup ini, karena Tuhan mengasihi kita semua.

4) Tetap Semangat.(Ruth 2:12)
Kadanng-kadang pada waktu kita ada dalam masalah/tantangan, kita menjadi lemah/putus asa/tawar hati. Ruth taat pada Tuhan sehingga dia tatap mendapat kekuatan dan tetap semangat dalam menjalani hidup. Upah yang penuh juga akan dikaruniakan kepada kita asal kita setia, taat kepada pelindung kita yaitu Tuhan Yesus, jadi jangan tawar hati pada masa-masa sulit, tetap semangat..!! (Amsal 24 : 10)

5) Tetap kuat didalam Tuhan.(Efesus 6:10)

Rasul Paulus mengingatkan jemaat Efesus supaya mereka tetap kuat didalam Tuhan. Karena hanya didalam Yesus ada kekuatan yang sebenarnya. Hal-hal dunia tidak akan membuat kita kuat. Yang dimaksudkan bukan hanya kuat fisiknya tetapi kuat imannya. Karena hanya oarang yang kuat imannya, yang mampu menjalani hidup dengan baik. Marilah kita memusatkan/mengarahkan pandangan iman kita kepada Yesus, maka kita akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa.
   


1 comment: