Friday, February 20, 2015

Iman Yang Mengalahkan Dunia

Oleh : Pdt.Markus Suprapto
1 Yohanes 5:1-5
“1. Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya.2. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.3. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,4. sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.5. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?”
Iman yang sejati akan terungkap dalam rasa bersyukur, dan kasih kepada Bapa dan Yesus Kristus. Iman dan kasih tidak dapat dipisahkan karena pada ssat kita lahir dari Allah, roh Kudus mencurahkan kasih Allah dalam diri kita.
Ayat 1 : Jadi siapa yang mengalahkan dunia, yaitu iman kita.
Orang akan meraskan berat untuk melakukan perintah Tuhan, karena imannya tidak bergerak.
Ayat2-3 orang yang lahir dari Allah, yaitu kita, akan memperlengkapi kita untuk mengalahkan dunia. Di balik iman yang  kita kerjakan akan mengalahkan dunia, dan kiata akan mendapat kemenangan yaitu berkat-berkat Tuhan,itulah tandanya kasih yang sejati.
Kisah dari Abraham.                                                               
Pikiran Abraham diliputi dengan gejolak dan berkecamuk rasa sayang pada anaknya dan rasa cinta kepada Tuhan.
 Untuk mengorbankan anak satu-satunya memang berat bagi Abraham. Tapi Allah mencatat bahwa perintahnya itu tidak berat. Abraham laksanakan perintah itu.
1 Petrus 4:12-19
“12. Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.13. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.14. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.15. Janganlah ada di antara kamu yang harus menderita sebagai pembunuh atau pencuri atau penjahat, atau pengacau.16. Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.17. Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?18. Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?19. Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.”
Jika ujian dating jangan katakana kenapa,mengapa dll. Tapi kita harus lewati itu agar kita punya kasih terhadap Tuhan. Karunia ilahi akan memampukan kita untuk melewatinya dan mampu masuk dalam gerbang kelimpahan karena di balik tantangan ada berkat.
Ayat4-5
Iman yang melihat realita abadi yang ahrus bergerak sesuai aliran Roh Kudus, hingga mencapai sasaran yang tepat dan bertanggung jawab. Sebab penghakiman akan diulai dari rumah Tuhan, dan apa yang kita lakukan akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.
Maka milikilah iman yang bertumbuh dan bergerak untuk mremuliakan nama Tuhan


Jangan berhenti mempertahankan iman Anda, karena mahkota kemuliaan menanti di akhir perjalanan.

0 komentar:

Post a Comment