Friday, February 20, 2015

Tuhan Yang Esa

Yesaya 44 : 1-8
“1. "Tetapi sekarang, dengarlah, hai Yakub, hamba-Ku, dan hai Israel, yang telah Kupilih!2. Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih!3. Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.4. Mereka akan tumbuh seperti rumput di tengah-tengah air, seperti pohon-pohon gandarusa di tepi sungai.5. Yang satu akan berkata: Aku kepunyaan TUHAN, yang lain akan menyebut dirinya dengan nama Yakub, dan yang ketiga akan menuliskan pada tangannya: Kepunyaan TUHAN, dan akan menggelari dirinya dengan nama Israel."6. Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.7. Siapakah seperti Aku? Biarlah ia menyerukannya, biarlah ia memberitahukannya dan membentangkannya kepada-Ku! Siapakah yang mengabarkan dari dahulu kala hal-hal yang akan datang? Apa yang akan tiba, biarlah mereka memberitahukannya kepada kami!8. Janganlah gentar dan janganlah takut, sebab memang dari dahulu telah Kukabarkan dan Kuberitahukan hal itu kepadamu. Kamulah saksi-saksi-Ku! Adakah Allah selain dari pada-Ku? Tidak ada Gunung Batu yang lain, tidak ada Kukenal!"”
Ayat diatas menceritakan bagaimana Tuhan begitu mencintai bangsa Israel, Dia memilih mereka untuk dijadikan biji mata Tuhan.
Ayat 1-2 :
Kata hai Yakub, ini ditujukan untuk semua bangsa termasuk kita. Israel punya perjanjian langsung dengan Tuhan,kitapun juga begitu. Kata hai Yesurun artinya nama baru, bukankah kadang banyak orang sangat menyukai barang-barang baru? Tetapi tidak sedikit juga orang-orang yang masih suka berkutat dengan masalah-masalah/dosa-dosa  di masa lalu.
Ayat 3 :
Tuhan akan mencurahkan air kepada yang haus, artinya pertolongan Tuhan akan diberikan kepada setiap orang percaya.
Yesaya 41 : 10 “janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”
Kita sebagai umat pilihan Tuhan tidak perlu takut kepada sesama manusia/dengan hal-hal yang ada diluar sana, karena Tuhan berjanji akan menyertai kita.
Ayat 4-5 :
Orang-orang yang hidup dalam aliran air kehidupan dari Tuhan, mereka seumpama rumput di tengah-tengah air/seperti pohon gandarusa di tepi sungai yang akan selalu mengalami kesegaran.
Ayat 6-7 :
Tuhan adalah yang awal dan yang akhir, ini membuktikan bahwa tidak ada Tuhan yang lain selain Dia semesta alam, itu sebabnya kita harus mengakui sepenuhnya dan menyerukan namaNya di muka bumi ini kepada seluruh bangsa-bangsa.
1 Petrus 3 : 18 “Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,”
 “kata bertumbuhlah” Artinya cara menyikapi permasalahan, kita tidak lagi seperti anak-anak, tetapi jadilah orang dewasa yang berani dan penuh hikmat.
Ayat 8 :
Disini ada kata “janganlah gentar dan janganlah takut” Tahun 2015 ini kita melihat berapa waktu masih terbentang begitu panjang ada ratusan hari terbentang di depan kita, ada ratusan harapan dan kesempatan untuk kita.
Biarlah keberanian dan kebijaksanaan serta kepastian ini yang akan memimpin kita melewati waktu-waktu yang ada, mengisi waktu dengan hal-hal yang benar dan bermanfaat. Karena waktu akan berputar begitu cepat maka jalanilah hidup ini bersama Tuhan Yang Esa pastikan kita akan menuai sukacita besar saat akhir tahun tiba.amin

“Jika Dia kekuatan kita, tidak ada yang tidak dapat kita lewati bersama Dia”

0 komentar:

Post a Comment