Friday, February 20, 2015

Mempergunakan Waktu Sebaik-baiknya

”Efesus 5 : 14-17”
“14. Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."
15. Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
16. dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
17. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.”
Waktu adalah berkat yang tidak pernah datang terlambat, benda-benda di dunia ini bisa didaur ulang, tetapi waktu bagaikan kesempatan yang tidak bisa datang dua kali.
ü  Ayat 14
Mengajak kita untuk bangun secara rohani, orang yang bangun/terjaga pasti akan berwaspada dari hal-hal yang terjadi di sekitarnya.
Yesaya 52 : 1 “Terjagalah, terjagalah! Kenakanlah kekuatanmu seperti pakaian, hai Sion! Kenakanlah pakaian kehormatanmu, hai Yerusalem, kota yang kudus! Sebab tidak seorangpun yang tak bersunat atau yang najis akan masuk lagi ke dalammu.”
Kalimat yang disebut sampai dua kali adalah kalimat yang sangat penting. Kita memang diberi kebebasan untuk berpakaian seperti apa, tetapi harus menjaga kehormatannya. Alkitab menulis da kata bersunat, adalah tentang penanggalan dari hal-hal yang najis.
Matius 8 : 22 “Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka."”
Ayat ini berbicara tentang ikut Tuhan, artinya : “biarlah orang yang mati secara rohani menguburkan orang yang mati secara jasmani”.
Yohanes 8 : 12 “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."”
Yesus adalah terang dunia yang sesungguhnya, Dia melenyapkan kegelapan dan penipuan dengan menerangi jalan yang benar kepada Allah dan keselamatan.
ü  Ayat 15
Orang bebal itu bukan orang bodoh, tetapi orang “ngeyel”. Hidup orang arif adalah hidup bijaksana.
1 Yohanes 2 : 6 “arangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”
Orang kristen punya tanggungjawab yaitu wajib hidup sama seperti Kristus.
ü  Ayat 16
Hidup kekristenan harus memiliki kepekaan rohani dan harus waspada dari hal-hal yang kecil dan bersifat jahat.
ü  Ayat 17
Kata usahakanlah supaya mengerti kehendak Allah, kalau mau jujur kadang kita tidak mengerti jalan dan kehendak Tuhan, tetapi kalau kita mau belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh Tuhan pasti akan menyediakan yang terbaik bagi kita.Amin


“Waktu Tuhan tidak selalu sama dengan waktu kita, tetapi waktu Tuhan selalu tepat bagi kita.”

0 komentar:

Post a Comment